• put your amazing slogan here!

    SHOLAT BERJAMA'AH



    SHOLAT BERJAMA’AH

    "Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Baqarah:110)
    Teringat perkataan ustadz saya, ada seorang artis mencari pembantu dengan imbalan Rp 10 juta, maka berbondong-bondong orang melamar untuk hal itu, bahkan ada yang datang dari luar kota.

    Tapi bagaimana kalau suara adzan di kumandangkan, apa reaksi dari mereka ??!! Hampir sebagian mereka tidak mengindahkan hal itu bahkan mereka tidak tahu apakah sudah ada adzan atau belum.
    Bahwa kita ketahui bahwa adzan itu merupakan panggilan Alloh SWT yang harus dan wajib segera kita respon dengan pergi ke mesjid untuk melaksanakan sholat secara berjama’ah.
    Coba kita bayangkan bagaimana kalau kita di panggil oleh Presiden maka dengan segala upaya kita berusaha untuk mempersiapkan diri agar terlihat baik. Semestinya panggilan Alloh SWT harus kita respon diatas segala respon. Tapi itulah manusia yang selalu lalai dan merugi
    "Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya kesabaran" (QS, Al Ashr 1~3)
    Di dalam melaksanakan sholat kita harus mempunyai ilmunya. Salah satunya sholat secara berjamaah. Alloh SWT memberi kita banyak sekali pahala untuk bekal akhirat jika kita aktif ke mesjid, melaksanakan sholat jama’ah diantaranya

    • Pahala langkah kaki dimana setiap satu langkah satu pahala dan penghapus satu dosa
    " Sesungguhnya jika seseorang diantara kamu berwudhu dengan baik kemudian ke mesjid dan tidak ada niataPost2Blog - a desktop blogging client for Windows. This is an example of quick snippet that inserts link to Post2Blog and text if you type "Post2Blog". To disable this quick snippet just remove it via "Tools" | "Manage Quick Snippets".n kecuali untuk sholat maka tiadalah dia melangkahkan kaki satu langkah kecuali pastilah Alloh mengangkat dirinya satu derajat dan menghapuskan dari dirinya satu dosa samapi ia masuk mesjid " (HR. Ibnu Majah 277)
    " Ubai bin Ka’b bercerita, dulu ada orang yang rumahnya paling jauh dari mesjid tapi tidak pernah absen sholat berjama’ah, maka aku katakan kepadanya: Alangkah baiknya jika kamu beli himar ang bisa kamu kendarai di waktu kegelapan ataupun ketika terjadi kabut tebal. Ia berkata, bahkan aku tidak mau tinggal di samping mesjid, sebab aku ingin agar Alloh memberiku pahala jalan kaki ke mesjid dan kepulanganku ke keluargaku. Maka RosuluLloh bersabda, Sesungguhnya Alloh telah mengumpulkan semua pahala itu untukmu" ( HR. Muslim 1065)
    " Jabir bin Abdulloh menceritakan, ada tanah kosong didekat mesjid maka Banu Salimah ingin pindah ke dekat masjid, hal itu kedengaran RosuluLloh, maka beliau bersabda kepada mereka: Sesungguhnya aku telah mendengar bahwa kamu ingin pindah ke dekat mesjid. Mereka berkata, Benar wahai RosuluLloh kami menginginkan itu. Maka beliau bersabda: tetaplah di kampungmu sebab kamu pasti di beri pahala untuk bekas-bekas jalan kakimu, tetaplah di kampungmu sebab kamu pasti di beri pahala untuk bekas-beklas jalan kakimu"(HR.Muslin 1068)
    • Keutamaan shaf pertama (bagi pria)
    " Seandainya mereka tahu pahala yang didapatkan shaf pertama niscaya mereka berundi untuknya " (HR. Ibnu Majah 988)

    " Sebaik-baik shaf laki-laki adalah yang pertama dan yang paling buruk yang akhir, dan sebaik-baiknya shaf perempuan adalah yang akhir dan yang paling buruk yang pertama "(HR. Muslim 132)

    • Pahala menunggu sholat di mesjid
    " Seorang akan tetap diangggap sedang sholat selama waktu menunggu sholat "(HR.Al Bukhori 611)

    • Pahala Istimewa berjama’ah Shubuh dan Isya
    " Barangsiapa sholat ’isya berjam’ah (di mesjid) maka seolah-olah ia sholat separoh malan dan barang siapa sholat shubuh berjama’ah (di mesjid) maka seolah-olah sholat sepanjang malam " (HR.Muslim 1049)

    • Dido’akan oleh Malaikat
    " Para Malikat terus mendo’akannya selama dia masih berada di tempat sholat itu yaitu, Ya Alloh sejahterakan dia, Ya, Alloh rahmati dia " (HR Al Bukhori 611)

    • Pahala bagi yang hatinya tertaut dengan masjid akan diberi naungan di hari kiamat
    " Ada 7 golongan yang akan dapat naungan Alloh di hari yang tiada naungan kecuali naunganNya :....(diantaranya) orang yang hatinya tertaut dengan mesjid-mesjid "(HR.Al Bukhori 620)

    • Diberi kesaksian sebagai mu’min
    " Jika kamu menyaksikan orang yang aktif ke mesjid maka berikanlah kesaksianmu bahwa dia adalah orang yang beriman "(HR.At-Tirmidzi 2542)

    • Ketika sakit atau bepergian diberi pahala penuh seperti yang diterima tiap hari dalam kondisi normal meskipun dia tidak pergi ke mesjid
    " Apabila seorang hamba biasa melakukan amal kebaikan, lalu (suatu ketika) terhalang oleh sakit atau bepergian maka dituliskan untuknya pahala-pahala kebaikan yang biasa dilakukan ketika ia sehat dan tidak bepergian" (HR.Abu Daud 2687)

    • Terbebas dari salah satu sifat munafiq
    " Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafiq daripada sholat shubuh dan ’isya. Seandainyaalah mereka tahu nilai yang terkandung di dalam kedua sholat itu pastilah mereka mendatangi (mesjid tempat) kedua sholat itu meskipun dengan merangkak "(HR.Al Bukhori 617)
    sumber:Al Qur’an, Hadist, Renungan Sholat Berjama’ah (M.Zubaidi)

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    About

    Blogroll